Sebagai Guru dan Dosen

SEBAGAI GURU DAN DOSEN

Guru atau Dosen menurut saya adalah orang-orang yang bekerja dengan ikhlas dan dedikasi tinggi mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk mencerdaskan generasi penerus mencapai sumber daya manusia profesional, berdayasaing dan berakhlak mulia.

Sedikit ilmu dan sedikit kemampuan yang diberikan Allah, saya melibatkan diri melaksanakan tugas guru atau dosen walaupun selaku tenaga guru honor atau dosen luar biasa, dan didukung pula oleh adanya institusi pendidikan yang membutuhkan baik negeri maupun swasta.

Tugas guru mulai saya jalani tahun ajaran 1965/1966 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Makassar, setelah memperoleh ijazah Sarjana Muda (BA) pada Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Membagi waktu untuk kuliah dan mengajar tidak mudah, namun harus saya jalani karena disamping mengamalkan ilmu, juga maksud lain adalah ingin mendapatkan dana untuk kebutuhan hidup dan biaya sekolah.

Saya dipercayakan mata ajar Biologi di kelas I, Ilmu Ukur Ruang di kelas I dan II, serta Ilmu Pesawat atau Ilmu Gaya di kelas III. Tugas ini saya laksanakan sampai tahun ajaran 1975/1976. Sekalipun sebagai guru honor, namun Kepala SMA bapak Drs. Edi Waworuntu yang kemudian diganti oleh Makutaknang Daeng Nuntung cukup memberi apresiasi mengenai disiplin mengajar dan metode yang digunakan. Pada kurun waktu ini saya dipercayakan juga mengajarkan Ilmu Fisika pada beberapa angkatan Kursus Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (KPGSLP) di Makassar dan Madrazah Tsanawiyah Muhammadiyah Cabang Mamajang Makassar.

Pada tahun 1975 – 1978 saya memanfaatkan semua waktu untuk penyelesaian study dokter, dan Alhamdulillah tanggal 15 Juli 1978 saya mengucapkan sumpah sebagai dokter.

Mulai tahun ajaran 1978 / 1979 kembali menjadi guru Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Depkes dan SPK Muhammadiyah Makassar sampai tahun ajaran 1998 / 1999.

Sebagai Dosen, tahun 1990 – 2010, dijalani pada Fakultas Agama Universitas Muhammadiyah Makassar, Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL), Akademi Tehnik Radiodiagnostik dan Terapi (ATRO), Akademi Tehnik Elektro Medik (ATEM), Akademi Kebidanan (AKBID), dan Akademi Analis Kesehatan (ANAKES) milik Muhammadiyah di Makassar, yang didirikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan atas inisiatif saya selaku Ketua Majelis Pembina Kesehatan PWM Sulawesi Selatan 2 periode.  

Tahun 1999 – 2010 saya menjadi Direktur Akademi Kebidanan (AKBID) Muhammadiyah Makassar. Sebagai Dosen tercatat secara Nasional dengan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN): 09-0308-4401.

Mulai tahun 2011 menjadi Dosen AKBID Bunda Kotamobagu dan AKPER Totabuan Kotamobagu.

One thought on “Sebagai Guru dan Dosen

  1. Ping-balik: Alhamdulillah | Bacaan Indah

Tinggalkan Balasan

