Sebagai Pegawai Negeri Sipil (Dokter)

SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (DOKTER)

Karier Pegawai Negeri Sipil NIP. 140091245 Gol. III b mulai dikembangkan dari Puskesmas Non Inpres Polombangkeng Utara Takalar, dan otomatis menjadi Anggota KORPRI.

Puskesmas yang pada tahun-tahun sebelumnya hanya dikunjungi pasien kurang dari 1000 kasus pertahun, pada tahun 1979 naik menjadi 15.000 pertahun. Fasilitas dan jangkauan pelayanan ditingkatkan, kunjungan ke desa-desa dilaksanakan tiap pekan sehingga dalam waktu singkat fungsi Puskesmas dapat dipahami oleh masyarakat yang sekaligus memanfaatkanya.

Belum cukup satu tahun saya diusulkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar untuk mewakili Takalar mengikuti penilaian Dokter Teladan.

Tahun 1980 pindah lagi ke Puskesmas Batua di Kota Makassar sampai tahun 1983. Selama tiga tahun Puskesmas ini menjadi tempat studi banding bagi setiap peserta pelatihan Puskesmas se Indonesia Timur yang dilaksanakan di Makassar. Mulai tahun 1982 saya selain kepala Puskesmas juga menjadi anggota Tim Pelatih Manajemen Kesehatan di Indonesia Timur. Pada tahun 1983 dipromosikan menjadi Direktur Rumah Sakit Daerah Kabupaten Takalar sampai tahun 1988. Selanjutnya pindah lagi ke Rumah Sakit Kelas B di Makassar sebagai Kepala Bidang Penunjang sampai tahun 1990, lalu dipromosikan menjadi Wakil Direktur Penunjang Medis sampai tahun 1994. .

Rumah Sakit Dadi (Kelas B) dikonversi menjadi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo (Kelas A) sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan Rujukan terbesar di Indonesia Timur.

Sebagai PNS saya tetap menempati eselon III A pada jabatan Kepala Bidang Pelayanan Medis sampai pensiun tanggal 1 Agustus 2000 pada pangkat/golongan IV C.

Disamping Kepala Bidang, saya mengetuai Tim Akreditasi Rumah Sakit, Satuan Pengawas Interen (SPI), Panitia Penilai Kredit Poin Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit, dan tahun 1994 – 1998 menjadi

Dosen Luar Biasa Fakultas Kedokteran UNHAS untuk mata kuliah Administerasi Rumah Sakit bagi Dokter Muda (Drs.Med) dan Residen.

Sebagai pejabat struktural di Rumah Sakit, juga merangkap Pimpinan Proyek Pembangunan Rumah Sakit tahun 1998 – 2000.

Pengawai Negeri Sipil tidak dilewati tanpa riak gelombang serta pasang surut akibat perkembangan politik dibawah pemerintahan Golongan Karya (GOLKAR). Karena tidak memiliki Nomor Pengenal Anggota Golkar (NPAG) sering mendapat intimidasi dengan ancaman dimutasi ke Daerah Terpencil. Pernah didaftar untuk melanjutkan pendidikan ke Magister Hospital Administration (MHA) di Pilipina, tetapi kemudian dibatalkan karena bukan Anggota Golkar. Lain lagi ketika Baperjakat Kanwil Departemen Kesehatan Sulawesi Selatan akan mencari pejabat untuk Wakil Direktur RSUP (Kelas A) DR. Wahidin Sudirohusodo juga digagalkan karena diketahui tidak hormat bendera kalau mengikuti upacara.

Sebaliknya semua Jabatan dan Tugas yang diberikan/diamanahkan oleh atasan selalu dilaksanakan dengan tulus dan rasa tanggung-jawab penuh, serta mengacu pada prinsip-prinsip manajemen.

Wajar jika Presiden Republik Indonesia pada bulan Desember 1999 menganugerahkan Piagam Tanda Kehomatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun.

Profesi dokter secara fungsional dijalankan pada Puskesmas dan Rumah Sakit tempat bertugas selama PNS dan sebagai Dokter Praktik Swasta di Rumah Jl. Mawas V No. 8 Makassar sejak tahun 1978 sampai tahun 2010.

Sebagai Dokter Umum selalu aktif mengikuti kemajuan dan perkembangan ilmu kedokteran dengan berlangganan majalah-majalah kesehatan serta mengikuti seminar-seminar kesehatan baik ditingkat daerah maupun Nasional.

Selama Pegawai Negeri, tidak terhitung berapa kali mengikuti Pelatihan, Kursus, Lokakarya sehubungan dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI), penjenjangan, kepegawaian dan administrasi.

Musim Haji tahun 1990 menjadi Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 1 embarkasi Makassar, dimana pada waktu itu terjadi peristiwa terowongan Mina yang mengakibatkan korban kira-kira 700 orang jamaah haji Indonesia meninggal. Alhamdulillah, atas pertolongan Allah, saya selamat dari musibah tersebut sekalipun juga terjebak dalam terowongan.

Iklan

One thought on “Sebagai Pegawai Negeri Sipil (Dokter)

  1. Ping-balik: Alhamdulillah | Bacaan Indah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s